MAJULAH BAYUNGKA RAYA!!


MAJULAH BAYUNGKA RAYA!
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Mengenai Saya

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
@bayungka

Rabu, 05 Oktober 2011

MAN201 Keputusan


MANAGEMENT CLASS (KULIAH MANAGEMENT)
Department of Management, college of economics of management
Bogor Agricultural University

Lectures Prof Dr. Ujang Sumarwan, Msc
ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id
Session 6
Pengambilan Keputusan dan Rencana jangka pendek/jangka panjang
Bayu Windiharto Putro - Department of Resource Environmental Economics - Bogor Agricultural University.




Saya mendapat kiriman email dari seorang lulusan SMA di Jogjakarta bingung dalam mengambil keputusan. Orang tuanya menyuruh dia untuk meneruskan kuliah di IPB Bogor. Orang tuanya menginginkan pelajar tersebut meneruskan pendidikan yang lebih tinggi. Di sisi lain pelajar tersebut selain cukup pintar di akademik, ternyata dia memiliki bakat di bidang seni musik. Bahkan karena hobi dan bakatnya itu dia dan teman satu band nya cukup memiliki pasar di kota nya. Kebetulan semua temannya kuliah di Jogjakarta. Dan mereka cukup menjanjikan dengan industry seni tersebut. Bagaimana dia harus mengambil keputusan?

Teman,
Sesuatu yang baik bagimu, belum tentu baik bagi orang lain. Sesuatu yang sempurna menurutmu, belum tentu sempurna untuk lain. Dan Tuhan memberikan apa yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan. Sekalipun hal yang kamu butuhkan itu tidak kamu inginkan.
Bukankah kesuksesan itu karena Izin Tuhan? Dan bukankah ridho Tuhan juga melewati restu orangtua? Orangtuamu menyuruh kamu meneruskan kuliah di IPB karena dia lebih tahu apa yang terbaik untuk anaknya. Tidak mungkin orangtua akan menjerumuskan anaknya sendiri.
Semua makhluk hidpu di dunia ini wajib untuk menuntut ilmu.  Walaupun ujungnya juga akan ke materi. Tapi, dengan anda memilih untuk kuliah di Bogor, bukan berarti  anda akan membunuh potensi di luar akademik anda. Anda masih bisa menembangkan hobi anda di kota yang baru, dengan pengalaman yang lebih, tentunya dengan perjuangan yang lebih berat.
Walaupun anda berada di Bogor, anda masih bisa berkarya dengan teman anda di Jogjakarta, mungkin sebulan sekali anda bisa pulang untuk bertemu keluarga dan tentunya dengan teman-teman anda. Terima kasih, semoga jawaban saya bisa sedikit membantu.

Rencana jangka pendek (1 tahun) =
1.  Menyelesaikan membaca buku-buku karangan dr. Abdullah Citropawiro, N.Gregory Mankiw, Walter Nicholson, akhmad Fauzi, Ph.D.
2.       Singgah di semua provinsi di Pulau Jawa.
3.       Mendapatkan IPK > 3
4.       Membeli buku minimal satu bulan sekali.
5.       Mendapatkan karakter hidup

Rencana jangka panjang (4 tahun) =
1.       Lulus dengan IPK > 3
2.       Lulus dengan berkarakter
3.       Mendapatkan dan membuat pekerjaan.
4.       Keliling Indonesia, minimal pulau-pulau besar.
5.        


1.