MAJULAH BAYUNGKA RAYA!!


MAJULAH BAYUNGKA RAYA!
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Mengenai Saya

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
@bayungka

Rabu, 28 September 2011

Tanggung Jawab Sosial dan Etika Manajerial

MANAGEMENT CLASS (KULIAH MANAGEMENT)
Department of Management, college of economics of management
Bogor Agricultural University

Lectures Prof Dr. Ujang Sumarwan, Msc
ujangsumarwan.clog.mb.ipb.ac.id
Session 5
Kuliah "Tanggung Jawab Sosial dan Etika Manajerial"
Bayu Windiharto Putro - Department of Resource Environmental Economics - Bogor Agricultural University.

Pertanyaan :
Berkaitan dengan tanggung jawab sosial, mengenai triple bottom line, yaitu planet. Ketika berbicara untuk tanggung jawab suatu perusahaan terhadap lingkungan, seringkali perusahaan di Indonesia kurang begitu memperhatikan hal tersebut. Bagaimana tanggapan anda?

Jawaban :
Menurut ilmu manajemen. Tanggung jawab sosial tidak hanya kepada sosial ekonomi semata. Namun juga terhadap lingkungan. Konsep triple bottom line. People, benefit, dan planet. Mengingat isu-isu kerusakan lingkungan yang menjadi isu global, ini karena kesadaran manusia akan pentingnya akan menjaga tanggung jawab terhadap lingkungan. Dalam ekonomi lingkungan dimana terdapat willingness to pay, dimana kesediaan seseorang untuk mengeluarkan biaya demi mendapatkan dampak positif dari lingkungan. Menurut teori ekonomi,berkorban dapat dianalogikan sebagai daya beli. Sehingga willingness to pay yaitu membeli dampak positif lingkungan. Sudah saatnya biaya lingkungan dimaksudkan kedalam biaya perusahaan. Hal ini sebenarnya sudah mulai dilakukan di negara maju. Mengingat kerusakan lingkungan terbesar dilakukan oleh negara berkembang.
Sebenarnya pemerintah Indonesia sudah mengatur tentang kepedulian kepada lingkungan hidup. Yaitu pada UU no.32 tahun 2009. Hanya perlu ketegasan dan keadilan untuk kebenaran.
Itulah kenapa juga begitu pedulinya ilmu manajemen terhadap lingkungan hidup.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar