MAJULAH BAYUNGKA RAYA!!


MAJULAH BAYUNGKA RAYA!

Mengenai Saya

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
@bayungka

Minggu, 09 September 2012

Tugas Perilaku Konsumen

BAYU WINDIHARTO PUTRO'S NOTES ON CONSUMER BEHAVIOR CLASS,
DEPARTMENT OF RESOURCES AND ENVIRONMENTAL OF ECONOMICS.
BOGOR AGRICULTURAL UNIVERSITY

> Lecturer : Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc
www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

Department of Family and Consumer Science College of Human Ecology, Bogor Agricultural University

Semester September 2012 - Januari 2013

Based on Consumer Behavior text book by Ujang Sumarwan

> Interesting Topic on Today's Class

Pak Ujang memulai perkenalan dengan santai. Kesenjangan antara Profesor dengan mahasiswa S1 seakan hilang begitu saja ketika beliau mengajar dengan senyuman, analogi-analogi, dan pertanyaan-pertanyaan ringan yang tepat kepada mahasiswanya.

Contohnya ketika Pak Ujang menanyakan pengalaman mahasiswa ketika melakukan mudik dengan kereta api. Bagaimana melihat pandangan-pandangan mahasiswa yang berbeda mengenai PT KAI yang sekarang dengan tahun lalu. Sehingga dengan analogi tersebut kita mampu mencerna apa yang dimaksud dengan pertanyaan tersebut. Yaitu kepuasan konsumen.

Lain lagi ketika Pak Ujang memberikan pertanyaan kepada mahasiswa tentang pilihan-pilihan tujuan liburan. Sehingga mahasiswa mampu memahami bagaimana sudut pandang prefensi manusia tentang suatu barang/jasa.

Pak Ujang juga menanyakan tren anak muda dan jejaring sosial. Sehingga disaat kuliah saya sempat berfikiran bagaimana suatu negara melakukan proses intelijen, pengawasan, pemahaman cara pandang konsumen, dan penggiringan suatu sudut pandang kepada masyarakat negara lain. Mengapa tidak? dengan mengawasi status, info, dan kebiasaan suatu masyarakat di negara tertentu memungkinkan suatu organisasi/negara melakukan penggiringan sudut pandang.

> Current Trend

1. Kepemilikan Akun Twitter, Line, Blogger, About me, Whatsapp, Instagram dan lain-lain.

2. Kepemilikan gadget seperti Iphone, Ipad, Blackberry, atau gadget yang memiliki operasi sistem android.

3. Berkembangnya kegiatan travelista yang berimbas pada tren mendaki gunung, ke pantai, menyelam, atau menjelajahi tempat-tempat yang memilik alam eksotis.

4. Tren musik yang berkembang dan berwarna baik mainstream atau unmainstream seperti musik pop, folks, reggae, ska, british, tradisional, rock, melodic, metal, grunge, punk, dan musik-musik cutting edge lainya.

5.Bagi laki-laki tren olahraga dan mendukung tim olahraga dari berbagai negara di dunia seperti Arsenal, Borussia Dortmund, Valencia, dan lain-lain.

6. Tren mode pakaian yang terus berkembang.

7. Tren wisata kuliner yang terus berkembang semenjak meningkatnya penggunaan media sosial yang memungkinkan pertukaran informasi dengan cepat.

> Motivation to Enter University

Motivasi saya masuk universitas adalah untuk mengembangkan karakter, melalui proses kedewasaan dengan jauh dari orangtua, jawaban dari tantangan, membuktikan bahwa Indonesia itu luas dan Indonesia itu memang benar-benar dari sabang sampai merauke.

> Motivation to enter IPB

Karena IPB adalah Institut yang berorientasi kepada pembangunan dan tetap melihat aspek keberlanjutan.

> Motivation to enter Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan

Motivasi saya masuk departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkunan karena ESL adalah satu-satunya departemen di Indonesia yang merupakan departemen S1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar